Selasa, 22 Juli 2008

Emoto, Motor Masa Depan


EMOTO.. pilihanku!!
Setelah sekian lama menunggu, akhrnya jadi juga gua beli emoto, sepeda motor listrik yang hemat BBM dan bebas polusi. ... dan katanya lagi... bebas polisi!!!
Lumayan sih buat muter-muter komplek, nganter anak sekolah, belanja, bahkan ke kantor yang jaraknya hanya 3 km dari rumah... yah emoto saja cukup. lagian SIM C gua udah abis sepuluh tahun yang lalu!!!
Harganya sih.. lumayan, cukup 5 jutaan, dan sudah nggak ngeluarin ongkos lagi!! Nggak usah beli bensin, cukup dicas selama 8 jam. yah cukup lama, tapi nggak masalah wattnya cuma 170, lebih kecil daripada PC-ku yang gua panjer buat internetan gak pernah gua matiin.
dan memang asyik lho naik emoto, kayak naik sepeda angin... wuuuussss.... bablas angine!!
Untung kecepatannya cuma 40 km perjam. bayangin kalau bisa sampe 80 km perjam wah... ngeri juga lho...
masalahnya..
1. Emoto nggak pake engine brake, yang dapat menahan laju kendaraan pada saat dilepas gasnya. bayangin kalau Anda melaju dengan sepeda motor sambil ditarik koplingnya atau posisi perneling nol.
2. kekuatan emoto untuk tanjakan kurang kuat. Adasih keterangan yang menyebutkan apabila diberi beban yang overload atau jalan yang menanjak harus ada power assist, alias didorong!!! heheheheeeeee
3. shock breaker emoto juga kurang empuk, masih terasa jlug-jlug pada saat melewati jalan yang kasar, dan...
4. bearing lakhar yang kurang kuat, sehingga ada kemungkinan bagian inilah yang cepat aus.
Teknologi emoto sebenarnya masih tanggung. kenapa masalah diatas tidak diatasi dan dicarika solusinya baru dilempar ke pasaran. Kalau usulan gue nih...
Dinamo penggerak emoto yang terletak di as roda belakang dikembangkan teknologinya sehingga dapat berfungsi juga untuk memutar turbin pembangkit listrik pada saat gas dilepas, sekaligus berfungsi sebagai engine brake. hal ini dapat berfuingsi ganda, yaitu menambah durasi emoto untuk dapat lebih lama menjelajah jalanan. Pada saat gas ditarik dinamo berfungsi sebagai motor penggerak, dan sebaliknya pada saat gas dilepas berfungsi sebagai penggerak turbin. wah asik tuh... baterynya nggak abis-abis. bayangin... abis di gas pasti agak ditarik sedikit gasnya. dan itu selalu dilakukan bergantian...
Semoga emoto terus berinovasi..!!!

0 komentar:

MOST WANTED